Kamis, 28 Januari 2010

Memanjakan Pelanggan dengan Memberikan Gimmick


Ide usaha bisa lahir dari mana saja. Model produk yang coba ditawarkan juga bervariasi tergantung kreasi pribadi. Namun mengingat begitu banyaknya pelaku usaha, persaingan tentunya tak bisa dihindari. Kalau sudah begini, Anda sebagai pemilik bisnis tentu harus terus memutar otak bagaimana membuat pelanggan selalu kembali ke toko atau restoran Anda.

Sebenarnya, banyak cara untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang lama. Manjakan pelanggan dengan layanan khusus, atau berikan gimmick yang membuat pelanggan merasa mendapat bonus ekstra dari produk Anda.

Anda boleh mengambil contoh yang dilakukan Rangga Umara, pemilik rumah makan pecel lele, Pecel Lele Lela. Ia memberikan servis makan gratis bagi pengunjung yang sedang berulang tahun, dan bagi pengunjung yang juga bernama Lela (baik nama panggilan, bagian dari nama, dan tentunya nama sebenarnya). Pelanggan cukup menunjukkan KTP untuk mendapatkan keistimewaan ini.

Sudah banyak bukti yang terlihat mengenai kisah sukses cara ini. Pelanggan jadi senang, bahkan kadang tersenyum gembira begitu mengetahui dirinya bisa makan gratis. Banyak juga pengunjung yang sengaja datang karena memang sudah mengetahui adanya program ini. Apalagi, program ini tidak bersifat promosi yang ada masa berlakunya.

"Cara ini sekaligus sebagai cara manajemen dalam mengumpulkan database pelanggan," jelas Rangga.

Lain halnya dengan pengusaha sepatu dengan merek Alexis Anthony, Mieke Erawati. Garansi dalam bentuk reparasi gratis bagi pelanggan, serta layanan antar untuk pembeli (termasuk yang dari luar kota), adalah kiatnya. Jika kebanyakan produk hanya memberikan garansi dalam hitungan bulan sejak pembelian, pembeli sepatu sandal dan sepatu perempuan miliknya boleh mengajukan permintaan perbaikan kapan saja.

"Kapan pun kerusakan terjadi, datang saja ke stan Alexis Anthony terdekat. Pasti pelanggan akan dilayani, tapi memang harus menunggu, ya," katanya.

Mengenai layanan antar, staf Mieke akan mengantarkan sepatu yang dibeli langsung ke rumah pelanggan. Sedangkan pembeli di luar kota hanya perlu mengganti ongkos kirim jasa kurir komersil.

Bukankan senyum, apalagi kepuasan pelanggan, menjadi target utama yang ingin didapatkan setiap pengusaha? Jika Anda sudah atau tengah membangun bisnis, temukan cara kreatif untuk membuat pelanggan tersenyum puas dan senang. Berani mencoba?

Disadur dari : http://female.kompas.com/read/xml/2010/01/16/14334321/memanjakan.pelanggan.dengan.memberikan.gimmick


Tidak ada komentar:

Posting Komentar