Rabu, 27 Januari 2010

Sony Ericsson C905, Makin Mantap dengan Kamera 8MP



Keunggulan seri C Sony Ericsson terletak pada kemampuan kameranya. Dengan resolusi 8,1MP, asesori lengkap, dan setting yang juga lengkap, pengambilan gambar diam maupun bergerak pada Sony Ericsson C905 menjadi sangat menyenangkan.

Untuk moda foto, Sony Ericsson memasukkan 5 opsi Shoot mode (Normal, Smart contrast, BestPic, Panorama, Frames), 8 opsi Scenes (Auto, Twilight landsc, Twilight portrait, Landscape, Portrait, Beach/Snow, Sports, Document), Picture size tentu saja maksimal 8MP (selain 5MP, 3MP, dan VGA (640x480)), 4 opsi Focus (Auto, Face detection, Macro, Infinite), Flash (Auto, Red-eye reduct, Off), Self-timer, Metering mode (Normal, Spot), white balance (Auto, Daylight, Cloudy, Fluorescent, Incandescent), Effect (Off, Black & white, Negative, Sepia, Solarise).

Selain itu ada setting untuk Picture quality (Fine, Normal), AF light (Auto, Off), BestPic (Fast, Slow), Review, Stabiliser, Add position, Auto rotate, serta Shutter sound (Sound 1-4, Off).

Pada moda video disediakan 2 opsi Video length (Normal, For picture msg), Light, Night mode, Self-timer, Microphone, Metering mode (Normal, Spot), White balance (Auto, Daylight, Cloudy, Fluorescent, Incandescent), Effects (Off, Black & white, Negative, Sepia, Solarise). Plus ada lagi setting untuk Stabiliser dan Review.

Internet
Mengingat C905 mendukung 3G, aktivitas upload maupun download terasa semudah menjentikkan jari. Fasilitas 3G dikombinasi kamera VGA di atas layar menjadikan kita bisa menikmati video call. Setting-nya bisa diatur di Organiser > Video call.

Jika suatu saat jaringan operator Anda ngadat, masih ada alternatif lain untuk berinternet, yaitu menggunakan koneksi Wi-Fi. Jadi kita tinggal ngacir ke hotspot gratisan terdekat untuk melanjutkan jelajah dunia cyber.

Desain
Sepanjang catatan Sinyal, keluarga seri C selalu memberi sentuhan gaya kamera digital pada penampilan bodi belakang - tempat kamera utama berada. C905 pun demikian. Meski bentuknya sliding bar, tetap lebih enak kembali ke bentuk bar ketika mengoperasikan kamera.

Pada posisi horisontal, kamera akan berada di kanan atas. Ada penutup, yang bila digeser-buka akan langsung mengaktifkan fungsi kamera. Penutup ini sekaligus menyembunyikan lampu kilat panjang di atas lensa, cermin mini dan detektor cahaya.

Tampilan bak kamera digital terlihat jelas ketika kita menempatkan sisi kanan bodi (vertikal) menjadi sisi atas (horisontal). Dari kiri ke kanan akan berderet tombol zoom 2-arah, tombol View, tombol pindah moda Shoot/Record, dan tombol kamera.

Masih pada posisi ini, pada saat moda video aktif, navigasi atas berfungsi untuk Exposure, bawah untuk Self timer, kanan untuk Flash. Sementara ketika moda foto aktif, navigasi atas dipakai untuk Exposure, bawah untuk Self timer, kiri untuk Focus, kanan untuk Flash.

Layar, tentu saja difungsikan menjadi viewer. Di sisi kiri layar akan kita jumpai 2 tombol pintas ekstra. Pada moda video, tombol kiri atas untuk Night mode, kiri bawah untuk Video length. Tapi pada moda foto, tombol kiri atas untuk Scenes, kiri bawah untuk Shoot mode.

Sebetulnya layar tak begitu lebar. Namun desainnya membuat Sinyal merasa layar terlihat luas. Casing berbahan plastik, namun tak terasa licin karena permukaannya malah mirip bahan karet.

Menurut informasi pihak Sony Ericsson, warna yang disediakan adalah hitam (Night Black), perak (Ice Silver), emas (Copper Gold), pink (Tender Rose).

Konektivitas dan Kapasitas
Slot M2 akan kita temukan di kiri bodi, rapi berpenutup. Sangat mudah untuk cabut-pasang kartu memori karena C905 sudah mendukung plug-n-play.

Kita juga bisa koneksikan ponsel ke PC lewat kabel data; port ini persis berdampingan dengan slot M2. Selain dipakai untuk transfer data, port ini dipakai pula untuk isi ulang batere dan headset. Jadi, harap bersabar bila suatu saat ingin dengar radio, tapi batere sudah menjerit minta diisi ulang.

O ya, saat terkoneksi ke PC via kabel data, biasanya muncul pilihan moda USB, yaitu Phone mode, Media transfer, Print atau Mass storage. Phone mode dipilih bila hendak memakai ponsel sebagai modem, Media transfer bila hendak sinkronisasi, Print bila hendak cetak foto langsung ke printer, dan Mass storage bila hendak menjadikannya sebagai storage.

Dalam paket pembelian ada CD berisi Sony Ericsson PC Suite yang memudahkan kita melakukan berbagai hal antara ponsel dan PC. Selain terkoneksi via kabel data, kita juga bisa melakukannya via Bluetooth.

Hiburan
Ada Radio yang seperti biasa baru berfungsi bila handsfree sudah dicolok. Begitu dinyalakan, radio terus menyala sampai kita pencet Turn off. Auto save dipakai untuk mencari sinyal radio secara otomatis.

Sony Ericsson menyertakan TrackID dan RDS. Meski headset terpasang, kita tetap bisa mendengarkan radio dari speaker dengan mengaktifkan Turn on speaker. Ada opsi Turn on Mono/Turn on Stereo

Jika penasaran di mana letak speaker tambahan, perhatikan saja bawah bodi, di ujung kanan. Suara yang dihasilkan lumayan nyaring dan cukup jernih.

Sejumlah game pun diberikan pre-install. Kita bisa dengan mudah menambahkan game maupun aplikasi lainnya yang berbasis Java.

C905 juga melengkapi diri dengan fasilitas GPS. Sony Ericsson memasukkan Google Maps dan MyWayfinder. Kecepatan deteksi dan akurasi koordinat boleh diacungi jempol. Yang perlu dibenahi barangkali justru petanya; cari peta yang lebih update.

DENGAN KATA LAIN...
Ponsel kamera yang asyik punya untuk jeprat-jepret.

Sumber: Sinyal


PLUS : Kamera 8,1MP berkualitas tinggi

MINUS : tidak bisa video call


Spesifikasi: Sony Ericsson C905
Harga : Rp 5.525.000
Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 MHz, UMTS/HSDPA 2100
Bentuk : Bar
Dimensi : 104x49x20 mm
Bobot : 134 gram
Batere : Li-Polymer 3,6V 930mAh (tipe BST-38)
Waktu siaga : rata-rata 4 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2,5”, TFT, QVGA, 240x320 pixel, 262 ribu warna
Memori internal : 160MB
Memori tambahan : Memory Stick Micro (M2)
Konektivitas antar peranti : Kabel data, Bluetooth, WiFi
Konektivitas internet : GPRS, EDGE, 3G
Kamera : 8,1MP, lampu kilat, cermin.
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 1000 entry
Messaging : Text message, Picture message, Email, IM
Aplikasi : PlayNow, Internet, TrackID, Games (Kasparov Chess, Need for Speed ProStreet, Tennis Multiplay), VideoDJ, PhotoDJ, MusicDJ, Remote control, Record sound, Cyber-shot, Media, Google Maps, Navigation, Radio, Alarms, Aplikasi (AccuWeather.com, Photo Mate, Slideshow Wallpaper, Wayfider 7, World Clock 3D), Video call, Calendar, Tasks, Notes, Timer, Stopwatch, Calculator, Code memo
Isi paket : Charger, headset, kabel data, batere ekstra, M2 adapter, manual

Disadur dari : http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/05/14/16584477/sony.ericsson.c905.makin.mantap.dengan.kamera.8mp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar