Rabu, 27 Januari 2010

Nokia 1209: Murmer, pas buat pemula



Jika ada SMS yang tidak ingin langsung dikirim, misalnya ucapan selamat ulang tahun, kita bisa gunakan Send later di Sending options. Di situ kita tinggal tentukan tanggal dan jam pengiriman; nanti SMS akan otomatis dikirim pada waktu yang sudah ditentukan tadi. Jadi, pacar tersayang tak bakal ngambek lagi karena kita lupa memberinya ucapan selamat.

Selain itu, masih ada opsi Send to many, Send to list dan Sending profile. Sekadar catatan, Send to many itu pengiriman ke banyak nomor yang kita ambil langsung dari Phone Book. Sedangkan Send to list itu pengiriman ke banyak nomor yang sebelumnya sudah dimasukkan ke grup lebih dulu.

Di ponsel ini juga ada fasilitas Chat. Masukkan nomor ponsel yang hendak diajak ngobrol, masukkan nama chat kita, lalu kirim pesan seperti mengirim SMS biasa. Nanti kita bisa baca deretan pesannya seperti chatting di instant messenger.

Mendukung SMS bersambung untuk pesan yang panjang, Nokia masih memasukkan Insert smiley, Insert symbol dan Dictionary (yang biasa dikenal sebagai T9) pada pembuatan SMS. Pesan-pesan yang ingin disimpan bisa dipindahkan ke Screened messages.

Soal kontak, di ponsel ini dimudahkan menyalin nomor dari ponsel ke kartu SIM, dan sebaliknya. Yang unik adalah adanya Multi-Phonebook yang menyediakan sampai lima phonebook untuk menyimpan kontak sampai 200 nomor dalam satu ponsel.

Yang tak pernah bosan Sinyal mainkan adalah senter. Letaknya di atas bodi, persis di tengah. Nokia membuatkan pintasannya di tombol atas navigasi. Untung saja, sebab akses secara manual agak ribet, yaitu harus masuk dulu ke Extras * Flashlight. Ngomong-ngomong, ponsel ini banyak bermain cahaya di layar. Misalnya, dengan Rhythmic backlight alert di Tone settings, atau moda Light only di User Profile.

Bagi mereka yang sensitif duit, coba jajal fasilitas pengawas biaya. Perhatikan: di bagian Settings ada tambahan menu Cost settings. Di situ bisa ditemukan Prepaid tracker, selain Call trackers, In-call timer, Call summary dan Fixed dialling yang sudah biasa ada.

Secara keseluruhan, bodi imut meskipun terkesan gempal. Casing berpermukaan matte terkesan kokoh karena terlihat mirip karet, ditambah pilihan warna gelap terasa tak mudah kotor. Lucunya, lubang tali gantungan ada dua; masing-masing di ujung kiri dan kanan. Plus ada jack 2,5mm untuk headset.

Kebetulan, unit demo yang Sinyal coba belum menggunakan bahasa Indonesia sebagai default. Jika ini terwujud di unit massal, maka lengkaplah kenyamanan yang Sinyal inginkan.

DENGAN KATA LAIN...

Rasanya cukup pantas klaim Nokia yang menyebutkan bahwa ponsel Nokia 1209 ini pas untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan ponsel.

Disadur dari : http://tekno.kompas.com/read/xml/2008/04/21/10205155/nokia.1209.murmer.pas.buat.pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar