Jumat, 29 Januari 2010

Hanya 40 Persen Perempuan Sadar Check Up



Lelaki lebih peduli dengan tubuh dan kesehatan, karena 60 persen lelaki rutin melakukan medical check up, sedangkan pada wanita hanya 40 persen yang sadar untuk melakukan check up. Hal ini terpantau oleh Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI).

Dr Yuliana, MARS, mengatakan umumnya perempuan merasa dirinya sehat dengan mengklaim bahwa pola makan, gaya hidup dan pola olahraga sudah baik.

"Perempuan yang datang mengantar suaminya check up merasa dirinya sehat, tetapi begitu diperiksa ditemukan sejumlah penyakit pada diri mereka," papar Dr Yuliana saat media gathering sekaligus mengenalkan Executive Health Check Up (EHCU), layanan medical check up di RSPI.

Kecenderungan orang yang tidak memeriksakan kesehatannya secara rutin adalah karena khawatir dengan hasilnya. Selain itu juga karena alasan waktu dan biaya.

"Pada akhirnya, medical check up dilakukan karena diminta orang lain, misalkan orangtua atau suami, dan bukan karena keinginan dari diri sendiri," tukas Dr Yuliana.

Menurutnya, dengan rutin melakukan medical check up, perempuan bisa lebih cepat mengenali pola makan atau pola olahraga yang tepat untuk dirinya.

"Definisi olahraga yang baik adalah ketika denyut nadi sudah mencapai ukuran tertentu, dan untuk mengetahui ini diperlukan pemeriksaan lebih dini," ujar Dr Yuliana, sambil menegaskan bahwa medical check up tak sekadar usaha pencegahan dini terhadap penyakit namun juga bisa membantu perempuan mengenali cara tepat pola hidup keseharian.

Umumnya perempuan melakukan medical check up untuk mengetahui lebih jauh kondisi seputar payudara, ovarium, dan leher rahim (serviks).

Jadi, Anda masih enggan cek rutin kesehatan? Waktu yang dibutuhkan hanya 2,5 jam hingga maksimal 3,5 jam sekali datang, dengan frekuensi minimal setahun sekali. Tak terlalu merepotkan bukan?

Disadur dari : http://female.kompas.com/read/xml/2010/01/21/15512214/hanya.40.persen.perempuan.sadar.check.up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar