Selasa, 26 Januari 2010

Butuh Konsistensi Pemerintah Cegah Penyakit Menular


Ketua Komisi Nasional Flu Burung dan Pandemi Influenza Bayu Krisnamurti meminta konsistensi pemerintah dalam mencegah dan mengantisipasi ancaman penyakit menular melalui hewan.

"Dari semua penyakit menular yang menjadi wabah, 60 persen di antaranya dari hewan," kata Bayu Krisnamurti di sela-sela deklarasi Kalimantan Barat Bebas Flu Burung di Pontianak, Senin (25/1/2010) malam.

Ia mencontohkan, HIV/AIDS yang bermula dari hewan monyet, rabies dari anjing, dan flu burung dari unggas. "Di Bali, ada rabies, wisatawan turun sampai 40 persen," katanya.

Kalbar, lanjutnya, telah menunjukkan konsistensi dalam menjalankan tindak penanganan dan pencegahan flu burung. Kondisi itu membuat Kalbar menjadi satu-satunya provinsi tertular yang dinyatakan telah bebas penyakit flu burung.

"Konsistensi kebijakan yang dilakukan secara terus-menerus melakukan semua prosedur standar operasional dalam menangani flu burung," ujarnya.

Pengamatan yang cepat, pemusnahan unggas yang sakit secara cepat dan tegas, serta pengawasan lalu lintas hewan mampu dilakukan Kalbar. Kalbar terkena flu burung pada Februari 2004. Sejak Mei 2004 tidak ditemukan lagi adanya serangan flu burung. Namun, pada 16 Desember 2009 Kalbar baru mendapat rekomendasi bebas flu burung dari Komisi Ahli dan Kesehatan Hewan Veteriner.

Flu burung nantinya akan menjadi penyakit yang ditangani di tingkat internal, seperti dinas pertanian dan dinas kesehatan serta organisasi nonpemerintah yang ada di pemerintahan seiring dengan berakhirnya masa kerja Komnas Flu Burung dan Pandemi Influenza. Selain flu burung, ia juga berharap dapat dinyatakan terbebas dari rabies.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalbar Abdul Manaf Mustafa mengakui bahwa upaya mendapatkan sertifikat itu tidak mudah dan membutuhkan kerja keras. Sejak tahun 2007 telah diajukan permohonan pemberian sertifikat karena kasus terakhir flu burung ditemukan pada 2005.

Disadur dari : http://kesehatan.kompas.com/read/2010/01/26/07525547/Butuh.Konsistensi.Pemerintah.Cegah.Penyakit.Menular

Tidak ada komentar:

Posting Komentar